persadasawunggaling2

Just another WordPress.com site

..Spiritual Creativity.. December 13, 2010

Filed under: Tugas Creativity & Innovation — elmira listy @ 12:43 pm

 

 

 

Kali ini, saya akan membahas tentang spiritual creativity. Kebanyakan dari kita tentu masih asing dengan istilah tersebut. Jadi, pada dasarnya, makna dari spiritual creativity adalah, bagaimana seseorang dapat berpikir kreatif atau menghasilkan sesuatu yang kreatif dengan menggunakan kecerdasan spiritual yang dimiliki. Kecerdasan spiritual tersebut biasa kita kenal dengan spiritual quotient atau spiritual intelligence atau bisa jg disingkat SQ. Menurut wikipedia, SQ merupakan Berikut penjelasan lebih dalam mengenai SQ..

 

 

Menurut Munandir (2001 : 122) kecerdasan spritual tersusun dalam dua kata yaitu “kecerdasan” dan “spiritual”. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapinya, terutama masalah yang menuntut kemampuan fikiran. Berbagai batasan-batasan yang dikemukakan oleh para ahli didasarkan pada teorinya masing-masing. Selanjutnya Munandir menyebutkan bahwa Intelegence dapat pula diartikan sebagai kemampuan yang berhubungan dengan abstraksi-abstraksi, kemampuan mempelajari sesuatu, kemampuan menangani situasi-situasi baru.

Sementara itu Mimi Doe & Marsha Walch mengungkapkan bahwa spiritual adalah dasar bagi tumbuhnya harga diri, nilai-nilai, moral, dan rasa memiliki. Ia memberi arah dan arti bagi kehidupan kita tentang kepercayaan mengenai adanya kekuatan non fisik yang lebih besar dari pada kekuatan diri kita; Suatu kesadaran yang menghubungkan kita langsung dengan Tuhan, atau apa pun yang kita namakan sebagai sumber keberadaan kita.  Spiritual juga berarti kejiwaan, rohani, batin, mental, moral.

Jadi berdasarkan arti dari dua kata tersebut kerdasan spiritual dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan nilai, batin, dan kejiwaan. Dengan begitu, orang-orang dengan SQ yang tinggi, akan lebih bisa mengendalikan perilakunya sehingga bisa menghambat perilaku-perilaku non-produktif yang tidak perlu, memacu kinerja dan dampaknya tentu peningkatan produktivitas. Berangkat dari hal tersebutlah ide-ide serta pemikiran yang kreatifpun dapat tercipta.

Sumber: http://ilmupsikologi.wordpress.com/2010/02/18/pengertian-kecerdasan-spritual/

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s