persadasawunggaling2

Just another WordPress.com site

Youtube’s Business Model December 13, 2010

Filed under: Tugas Creativity & Innovation — elmira listy @ 1:54 pm

 

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal. Melalui investasi dari perusahaan Sequoia Capital secara resmi diluncurkan pada bulan Desember tahun yang sama. Segera setelah itu, ia menjadi hit instan antara para penggunanya. Pada tahun depannya, Youtube mampu menduduki peringkat kelima Website yang paling populer dengan pangsa lebih dari 60 persen dari semua yang menonton video online. Pada saat itu ada 100 juta klip video yang dilihat setiap hari. Melihat kesuksesan tersebut, tentu kita akan bertanya-tanya business model seperti apa yang dimiliki Youtube. Untuk menjawab pertanyaan tersbeut, berikut gambaran business model dari Youtube beserta penjelasan singkat tentang business model tersebut:

 

 

 

Ada banyak elemen key elements dari model bisnis yang menjelaskan bagaimana YouTube menciptakan value untuk menarik pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Para penyedia video internet menargetkan pada tiga kelompok: pengiklan, pengguna situs video sharing, dan pemasok.

YouTube bisa digunakan sebagai media untuk iklan video online dengan menempatkan iklan dalam video tersebut. Sebagai pengiklan, youtube  mempublikasikan produk atau jasa sebanyak mungkin, pesan mereka akan ditampilkan sebagai pop-up iklan pada video yang terkait dengan bisnis mereka. Biaya iklan melalui video online YouTube sedikit dibandingkan dengan saluran komunikasi lainnya.

Youtube memiliki tujuan untuk menarik orang untuk menggunakan website video untuk berbagi dan meng-upload video. YouTube berisi perpustakaan online terbesar dari klip video, klip TV, video musik, dan sebagainya. Teknologi yang digunakan untuk video akan terus di update mengikuti perkembangan teknologi yang ada yang tentu saja ke arah yang lebih baik.

Kelompok sasaran ketiga adalah pemasok. Melalui kemitraan dengan perusahaan media seperti CBS, BBC dan MTV, dan kelompok bisnis seperti Sony BMG dan Warner Music Group, YouTube dapat menempatkan merek konten di situs tersebut dan meningkatkan teknologi video.

Sumber utama YouTube dari pendapatan berasal dari iklan. Pendapatan yang didasarkan pada tiga pendorong utama yang secara dramatis dapat bervariasi dan berfluktuasi: jumlah video stream, persentase iklan, dan pendapatan per iklan (biaya per seribu tampilan).

Pendapatan youtube  terutama berasal dari iklan yang terdapat pada halaman tampilan video. Jika Anda melihat ada video dari YouTube Anda akan menemukan iklan lapisan di bagian bawah layar ketika anda menonton video serta beberapa iklan di sisi kanan layar.

sumber: http://engmba.wikidot.com/c-youtube-google-and-the-rise-of-internet-video

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s